Pare: Kampung Inggris di Jawa Timur

KURSUS BAHASA INGGRIS SISTEM PARE DI YOGYAKARTA

SKK ENGLISH COURSE

sk-ec.blogspot.com

085-2200-56435 (sms)

PARE

Desa kecil bernama Tulungrejo,di daerah Pare, Kediri, Jawa Timur memiliki banyak tempat kursus bahasa Inggris. Pelopornya adalah Mr. Kalend Osen.

Tempat kursus di sini memiliki spesifikasi atau keunggulan sendiri-sendiri. Ada yang khusus untuk program speaking, TOEFL, atau Grammar. Tapi juga ada yang menggabungkan semuanya. Oya, untuk TOEFL rekomendasinya adalah Elfast.

Kursus di Pare dimulai tanggal 10 dan 25 setiap bulannya. Untuk program 1 bulan dimulai hanya setiap tanggal 10. Harga kursus di sini sangat murah. Mulai dari Rp 25.000 (program 2 mingu)-150.000 (program 1 bulan). Kursus biasanya dilaksanakan 5 hari, senin-jum’at. Untuk satu program umumnya memiliki 2 kali pertemuan, yaitu main class dan study club. Main class membahas teori dan study club berisi latihan soal terkait teori yang disampaikan pada main class. Tapi tidak menutup kemungkinan pada study club juga disampaikan teori. Sehingga jika Anda mengikuti sebuah program, maka Anda akan masuk 2x sehari.

Jika ingin privat juga bisa. Hubungi langsung guru yang diinginkan. Jika belum tahu, bisa tanya teman-teman yang sudah lebih dulu di Pare atau menghubungi tempat kursusnya. Pada tahun 2008, biayanya sekitar Rp 100.000, untuk 20x pertemuan.

Guru-guru yang mengajar sebagian besar bukan penduduk asli Pare karena warga asli banyak yang merantau keluar Pare. Di sini, kita akan dipanggil dengan sebutan Miss atau Mister. Para pengajar terkadang bukan berasal dari disiplin ilmu bahasa Inggris. Ada yang dari PAI bahkan filsafat.

Biaya hidup di Pare terbilang murah. Untuk makan, kita bisa menikmati nasi + sayur + sepotong ayam goreng seharga Rp 3.000. untuk tempat tinggal berkisar Rp 85.000-150.000 dengan fasilitas tempat tidur, bantal, dan air minum.

Kos-kosan di Pare ada dua jenis, non English area dan English area (camp). Non English area layaknya seperti kos-kosan biasa. Tidak ada program dan tidak ada tentor. Camp memiliki program belajar sehabis maghrib dan subuh dan selama 24 jam wajib berbicara dalam bahasa Inggris. Jika melanggar maka akan dikenai hukuman, baik berupa hafalan vocabulary maupun membayar sejumlah uang yang disepakati. Camp memiliki seorang tentor yang bertugas menjadi pendamping para penghuni camp. Namun seringkali kenyataan tidak seperti yang diinginkan. Kebanyakan Camp tidak bisa menerapkan idealisme itu. Tidak semua anak mau berbicara dalam bahasa Inggris. Karena mereka belum mampu atau memang malas; tidak disiplin.

Di desa ini hampir semua peserta kursus menyewa sepeda. Hal ini disebabkan padatnya jadwal kursus yang diambil. Harga sewa sepeda sekitar Rp 50.000/bulan. Jika membeli terkadang dapat sepeda yang baik dengan harga murah sekitar Rp 80.000-250.000. pilih yang baik alias aman dipakai lho ya, bukan yang bagus. Karena terkadang sepeda-sepeda lama hanya dicat ulang. Jika membeli, setelah selesai kursus, kita bisa menjual kembali ke tempat awal membeli dengan harga turun sekitar 50%. Jika ingin tinggal lebih dari sebulan, sebaiknya membeli. Untuk menyewa maupun membeli mendapatkan pelayanan penuh dari penjual secara gratis, misalnya memperbaiki ban yang bocor maupun memperbaiki rantai yang putus.

Ada beberapa tempat refreshing yang biasa jadi tempat kongkow. Garuda park adalah tempat yang ramai hanya pada malam minggu. Tempat ini hanya berupa perempatan yang ditengah-tengahnya terdapat tugu dengan burung Garuda di puncaknya. Di sepanjang trotoar berubah menjadi tempat berjualan makanan mulai dari aneka gorengan, sea food atau lesehan lainnya.

Gua Sorowono adalah alternatif lainnya. Gua ini memiliki empat lorong yang dialiri air dengan tinggi dan lebar lorong yang berbeda. Lorong pertama, pengunjung masih bisa menyusurinya dengan berjalan. Tapi pada lorong keempat, pengunjung harus merangkak untuk melewatinya. Masih banyak lagi tempat refreshing lainnya.

Di sini juga ada beberapa ‘café’.  Hati-hati dengan tempat yang Anda masuki.

Oya, terkadang tempat kursus atau kos-kosan mengadakan study trip ke Bali, Lombok, Yogya, dan lain-lain.

Untuk mencapai Pare, bisa naik kereta api ekonomi jurusan Kediri. Berangkat setiap Pukul 07.00 dari Lempuyangan Yogyakarta dengan harga tiket sekitar Rp 23.000 atau  Parahyangan setiap pukul 06.00 dari stasiun Padalarang, Bandung dengan harga tiket sekitar Rp 38.000. Turun di stasiun Kediri. Lalu naik elep ke desa Tulungrejo, sekitar Rp 7.000.

Jika memilih naik travel yang akan menjemput di rumah kita dan mengantarkan hingga ke tempat yang kita tuju di Pare, harga sekitar Rp 100.000.

Selama belajar di Pare, kemajuan setiap orang akan berbeda dan tergantung pada setiap individu dan Pare bukanlah tempat yang pas bagi orang-orang yang telah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik karena buku referensi yang digunakan adalah buku-buku grammar lama (terbit tahun 80an) dan tidak semua pengajarnya dengan latar belakang pendidikan bahasa Inggris.

Selain kursus bahasa Inggris ada juga kursus bahasa asing lainnya seperti Jepang atau Arab. Memang jumlahnya bisa dihitung jari.

Untuk informasi tentang Pare bisa menghubungi Pusat Informasi Pare (PIP). Kontak person Mukhtarom (081234471070, 087858793145, 081573457211)

Nomor telepon beberapa kursus di Pare:

1. The Awareness

Jl. Anyelir No. 31b Tulungrejo – Pare

Telp 085736308571 (Mr. Farouk)

Program: Pronunciation, Speaking, Listening dan Study Club (english area)

2. SMART

Jl. Flamboyan No. 182 A (pondok mogul) Tulungrejo – Pare

Telp (0354) 391505

Program: Grammar, Speaking, Pronoun, TOEFL, study club (english area)

3. The Daffodils

Jl. Dahlia 21 Tulungrejo – Pare

Telp (0354) 7043450

Program: Speaking, Pronun, Listening, English for Children (EFC)

4. ELFAST

Jl. Anggrek No.17 Pare – Kediri

Telp (0354)399844

Program: Grammar, Speaking, TOEFL, IELT

Tolong membaca bagian response (pesan) yang telah ada, agar tidak mengajukan pertanyaan yang sama. trims :)

Belajar Bekam Gratis dalam Rangka Gerakan 1 Keluarga 1 Tenaga Bekam

About these ads

236 thoughts on “Pare: Kampung Inggris di Jawa Timur

    • berapa lamanya tergantung kita sih, mo ambil berapa banyak program. klo emang bener-bener dari NOL dan agak nyantai 4 bulan deh. kalo cuma mo review 1-2 bulan juga cukup.
      programnya ada yang sistem 1 bulan ada yang 2 minggu-an.

  1. Ngapunten, itu Kiara Condong ada di Bandung…
    Kalau langgananku dulu (Bandung-Solo PP) pakek Kahuripan (Bandung-Kediri), dari Bandung (Kiara Condong) sekitar 20.30, ngampiri penumpang di Padalarang & Tasikmalaya, berhenti sejenak di Yogyakarta (Lempuyangan) dan berangkat lagi sekitar 06.00, mampir di Solo (Purwosari) sekitar 08.00, dan lanjut ke kediri…

    Nice village providing a lot of English courses, also interesting that no big tourism center (that means not a lot of foreigners) around there. What a fruitful effort.
    I shared this yo my facebook.

  2. Is ‘Kampung Bahasa Inggris’ have branch in Jakarta or Bekasi? I’m so interest with this class, but I haven’t many time to do that.

  3. hmmm..wonderful place..i want to come there since last year but i don’t have time and friend from here..
    is there any TOEFL preparation?, we will get certificate??, i want to take TOEFL certificate and review my grammar may i know how much for the cost if i take for 1 month?

    thank you for ur info..

    • they will give u a certificate but the TOEFL certificate from Pare can not use for any formal event such as applying schoolarship. if you need it for legal event, you can take a legal institution one, like EF or languange training center in UGM, ITB or others. it was around 145.00 IDR for a program. thanks

  4. i was there in 2005 and 2006. i took a month and a half and spent 50.00/program (i month). is that true the price of course like you mention above?. have u ever been there?hopefully we can share knowledge of ours.tq

    • wa’alaikummussalam.
      oya, kursus di pare mulainya tanggal 10 dan 25 tiap bulannya. untuk program yang lamanya satu bulan, biasanya buka hanya tanggal 10.
      kursus paling awal dimulai pukul 05.30.

  5. well
    it seems to be well-planned

    may it works out well

    is there anny plan from the directors to open
    such kind in any other place such as borneo

  6. Hallo salam kenal…
    Kalau saya mau ambil program speeking untuk 1 bulan bisa tidak???
    Dikarenakan saya masi diujung kuliah untuk skripsi…

    • khusus untuk speaking memang tiap level-nya 1 bulan. untuk efektif waktu nanti langsung aja ke level yang sesuai dengan kemampuan Anda.
      yang berkaitan dengan speeking ada kelas pronunciation, tapi mungkin kursusnya beda.

  7. Aslm, slm knl ya..
    Aq aroh dr cirebon, nice bgt infonya..Pare udh lama aq dgr dr awal kul, mau bgt ksana tp blm ada waktunya, tp skrg alhmdllh kul udh hmpr sls, insya allah aq brencana ksna setelah lulus. Mohon bantuannya ya klo aq jd ksana..

  8. Assalamualaikum.

    saya langsung tersenyum baca tentang pare karena saya dulu pernah kesana.dari cirebon dengan sejuta semangat,walau dengan inggris yang “Blepotan”alias ancur saya terus belajar disana pagi2 ngontel sepeda pake sarung bawa buku,lucu menyenangkan dan alhamdulilah saya sekarang sudah mengelilingi dunia dan bekerja di kapal pesiar yang crewnya dari 20 negara lebih,salam dari saya ex dafodils,smart,krisna.elfast dan harvard.terus maju pare salam kangen indonesia dari rakyatmu di Usa.

  9. bak Klo dari Nol ntu dalam jangka waktu 4 bulan dipastikan keluar dari sana bisa berbahasa inggris gt!cz saya mau juga kesana udah dari dulu tapi sek kwatir gt!!!atau ada yang lbh cpt dari 4 bln ntu tp kluar langsing mahir gt????sblmnya tanks atas infonya

  10. mba, saya kuliah,,nah mnurut mba,, saya kan da di cirebon waktu kosong cuma wkt libur sehabis uAS,, saya mau bljr dari 0,, kira2 2 bln bisa gak y pembelajarannya?? mohon bantuannya,,,

    • banyak lho yang ke pare untuk mengisi waktu liburan semester.

      hmmm, itu tergantung kemampuan yang kamu miliki dan target yang ingin dicapai. kuasai betul dasar-dasar english-nya. itu yang terpenting. rencanakan baik-baik kunjungan ke Pare-nya, ya.

      Pure, tidak ke Pare pun bisa kok belajar bahasa Inggris. otodidak misalnya. lebih hemat. jadi, gunakan sebaik-baiknya dan syukuri aja kesempatan yang ada :)

  11. thanks for this information,, next time my family will going to Pare soon.

    hmmm,,, i am student LIA course, but until now i cant fluently English. I wanna speak well english.

    How methode does Pare use?

    • you will bring your family too? it’s nice… :)
      well, you choose an english camp/english area boardinghouse in Pare. Because you will use english for daily conversation.

      but i think the key for speaking english well is practice. speak every time and every where even you combine english-Indonesia words. speaking english when you speak with someone then translate it, so they understand what you say :)

  12. Ass.wr.wb. Mba mau tanya dong. Kalo yg program speeking itu ada yang 2 minggu ngga? Soalnya aku ada libur kuliah cuma 2 minggu. Dan saya mau belajar speeking yg cepat. Tempat kursus apa ya yang paling bagus disana. Dan masalah camp yg harus berbahasa inggris itu, kira2 brp harganya untuk 2 minggu?
    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih :)

    • setahu saya ga ada yg program 2 minggu dan harga camp perbulan. kalau cuma 2 minggu juga dihitung 1 bulan. tapi coba aja lobi.

      sebagai gambaran waktu saya ikut kelas speaking. ada agenda khusus pada tiap pertemuan. misalnya presentasi kelompok suatu tema, memperkenalkan diri, materi di modul yang kemudian didiskusikan (tentang cross culture understanding).
      ada juga kursus pronunciation yang mengajarkan cara pengucapan kata dalam bahasa inggris.
      nah, Dafa ingin cepat belajar speaking yang seperti apa? karena kunci speaking mah bicara.

  13. q asli anak pare so tunggu apa lagi buruan…..
    bagi temen yang berminat meningkatkan inggrisnya silahkan dateng.
    don’t say it difficult before you try. ouhkey…..

    • temen saya saat ini sedang di Pare. menurutnya biaya kursus masih sama. hanya saja biaya kos-kosan yang rada naik (atau sama juga ya? soalnya tergantung fasilitas dan program yang dimiliki)

  14. Mbak Tika..kami tgl di Bali,anak kami kls 1smk…kami ingin pas liburan kenaikan nnt ikut paket 1bln, bisa memberi info english area. Jg seperti’y ada bbrp tempat kursus ya…

    • info tentang apa bu? jika tentang programnya sudah ada di tulisan saya di atas. jika tentang alamat english area-nya saya tidak ingat, Bu. ada beberapa. Insya Alloh jika ibu datang ke Pare, bisa langsung tanya-tanya ke penduduk setempat dimana english area. mereka baik dan ramah-ramah, Bu.
      saya rekomendasikan SMART english area. syaratnya kita harus ikut kursus di tempat mereka. tapi jangan khawatir, kursus-an dan kos-an mereka sistem-nya bagus.

  15. Dear Tika,

    I’m actually an english teacher. But I still have some difficulties while I have to produce spoken English. I’m interested in the speaking class. What do you think? Would you mind sending an email to me?

    Sincerely yours,

    wishful

    • tidak ada. karena mereka sudah cukup sibuk :)
      tiap bulannya kelas dimulai pada tanggal 10 dan 25. jadi ada daftar sebelumnya. tempat terbatas, 25 orang/kelas

  16. Assalamualaykum
    Mbak Tika? benar ya? salam kenal, saya reno Imam
    mau nanya tentan kampung inggris tersebut, apakah ada semacam gelombang pendaftarannya atau bagaimana? dan untuk durasi belajar disana apakah terserah kita atau ada minimumnya (seperti yang Anda tulisakan 2 pekan-bulanan)?
    Makasih gih..
    Wassalamualaykum

  17. mau bgt gw… nanti pas liburan semester insaallah kalo ada rizky nya gw mau kesana……
    kalo cuma 1 bulan bisa ga?
    trus dapet apa za disana klo cuma 1 bulan?
    gw dari daerah bogor…

  18. sy skr duduk di bngki kls 3sma neh dan rencana mau ngelanjutin kursus kapal pesiar.,.,jd sy mau memperdalam bahasa inggris sy yg SAAAAANGAT pas2an :(

    kira bagusnya ngmbil program apa ya???
    oia kalau harvard dan awareness lbh recomnd dimana ya mngkin sya akan ngmbil 2 atau 3bln dsna…jd sya mau asrama ajah disana..

    mohon infonya ya :)
    terima kasih

    • saya pikir, semua hal yang berkaitan dengan speaking sangat dibutuhkan di bidang pelayaran daripada grammar. saya kurang tahu ttg harvard atau awarness karena belum pernah “ngicipin” atau cari tahu ttg kedua kursus tersebut. kalau hanya kabar burung, saya tidak berani komentar karena tergantung yang berpendapat. maaf ya

  19. kk mau nanya nie pare itu kira di sana seperti sekolah atau gmn and kira2 kalo dari NOL belajar ada kemungkinan ga kita bisa berbahasa inggris kk dan kalo di sana itu kita bahasa sehari2 memakai bahasa asing yah ada jug a ga sih yg pake bahasa indonesia dan kalo boleh tau biaya masuk pare berapa kira2 soal ny aku pengen bgt masuk pare mau ambil kuliah sastra inggris nie hehehe oiia tolong di b alas ke alamat Email djon_sys@yahoo.co.id saya minta tolong bgt nie dan butuh sekali informasi nya thank

  20. salam kenal mbak Tika,, saya wina dari bandung ^^
    aku sangat tertarik untuk bisa ikutan kursus di Pare,, tp aku bener2 ga tau daerah itu mbak,, jadi gmana ya mbak biar bs nyampe sana??? mohon ptunjukknya :)

    makasi mbak,,
    wassalam…

  21. btw aq jg pernah disana…banyak banget yang bisa kita ambil dari sana..not only english but also all activity…

  22. eh taun depan insyaallah saya mau daftar di pare….
    kira-kira memang dijamin dalam waktu 4 bulan bisa lancar bhs.inggris?

  23. assalamualaikum…
    mbak saya mw nanya…
    tempat english camp yang bagus di pare di mana ya mbak…
    trus fasilitasnya pa ja…berapa harga perbulan mbak…
    share ke email saya ya mbak di zzz@gmail.com…jadi ntar kalaw saya kesana g plengak…plengok… jadi dah langsung da tujuan…makasih ya mbah…

    • wa’alaikummussalam wr wb.
      camp yg bagus menurut saya adalah camp milik SMART. harganya pada 2008 Rp 150.000/bulan. sekamar berdua. uda ada tempat tidur, kasur, dll.
      kita bisa kos di sini jika mengikuti kursus di tempat mereka. jadi, lulus tes masuk kursusnya dulu. dan tes masuknya lumayan ketat. siapkan diri dan metode mereka banyak menghapal. selebihnya sih rata-rata sama.
      oya, sebaiknya udah dapat kos sebelum kita ke sana (coba hubungi CP yang ada di tulisan saya). apalagi jika masa liburan. sering di-booking jauh-jauh hari.

  24. mbk numpang tny. Ap tmpt kursusny selalu nyediain cuman 1 program aj. Kaya grammar aj? Kal0 pgen yg semua program co2kna msuk tmpt kursus mana y mbk?

    • ada yang gabung. sistem paket gitu. Misalnya BEC dan Mahesa. setahu saya klo BEC dibuka pada waktu-waktu tertentu dan waktu belajarnya sekitar 3 bulan. klo Mahesa programnya perbulan

  25. assalamu’alaikum,,,
    q cuma mu sharing,,,
    buat temen2 yg punya waktu jangan lupa mapir ke pare,,
    pokoknya banyak banget pengalaman yg bisa qt dapetin di sono,,
    qt g cuma belajar b’inggris tapi juga qt bisa nemuin hal2 yg bikin hidup qt mere colorful than be4-such as friendship,cultures-orang2′a brasal dari hapmpir seluruh provinsi di indo-,love hhe, n other things yg bikin kmu pengen balik lagi ke pare,,
    pkok’a we’ll get great experiences from pare!!

  26. Dear, you’re such a great help!
    when I first heard this info from my cousin I had to search more info on the web, and there you are. I think it would be a great holiday camp for my kids, an alternative for those who can’t afford summer camps held by famous english institution, coz they’re soooo expensive, it costs more than an Umroh trip. Indeed education has it price. Well, I think you’re the hero in this case. Providing valuable info for people who are eager to learn english but with affordable budget. May Allah bless you and fullfill your needs, may your ambitions come true one of this day.
    Cheers from Pekalongan…

  27. Ameen. thank you very much Mrs. Jc.
    Well, you should book one of them (camps and courses) earlier because there will be more students in holiday period :)

  28. insyaAllah, liburan ini saya mau ikut programnya…
    do’akan saya dpt izin dr orang tua ya mbak…
    oya, maaf sebelumnya saya asal nyaut…
    salam kena mbak wina… :)

  29. mba, qta slsai uas nya tgl 9 ne,tapi kusrsusnya kan dimulai tgl 10…..skrg kita djkrta…apa bisa qta mulai kursusnya tgl 11????
    coz dari jkrta ke pare butuh waktu…….seandainya pun qta brgkt tgl 9 nyampe parenya tgl 10 mba,,,,gmn donk solusinya mba…..??????????padahal q n ade mw bgt kursus kesana mba………….

    • Dear Wela.
      Kalau liburan panjang begini biasanya akan lebih banyak yang datang terkdang kos-kosan dibooking untuk rombongan. coba kamu hubungi nomor yang ada di tulisan saya, lalu minta tolong beliau untuk mencarikan kos-an dan nomor kontak kursusan yang mau kamu ikuti. lalu kamu kontak kursusan dan konsultasikan bagaimana caranya agar kamu bisa ikut program yang tanggal 10. tapi jika pun belum bisa tanggal 10, kamu tetap datang aja ke Pare lebih awal supaya kamu bisa cari info untuk tanggal 25, kursusan mana yang sesuai dengan kebutuhanmu sekalian adaptasi dengan lingkungan baru. atau jalan-jalan dulu :D

  30. Ass. Mbak, saya begitu lulus kuliah niat belajar ke Pare ..
    kemampuan B. Inggris sy jelek bgd .. kira2 berapa lama ya sy disana ??? Terima Kasih

    • Sulit jawabnya, karena tergantung Apris termasuk pembelajar cepat atau tidak. Barangkali target pertama ke sana untuk kenalan dengan bahasa Inggris aja dulu.

      Untuk kenal Grammar dengan sistem ngebut sekitar 1,5 bulan (ikut program 2 mingguan). Tapi klo mau yang benar-benar kokoh, ikut program yang bulanan di SMART. Untuk naik tingkat, ujiannya cukup ketat. bisa sampai 4-6 bulan.

      Untuk Speaking, sebaiknya tinggal di English Area dan ikut kelas pronounciation. Berapa lamanya tergantung mau bisa sampai apa. kalau sampai fasih banget, ya menetap aja di Pare ;) karena kunci speaking adalah terus berbicara bahasa Inggris.

      Apris bikin rencana awal dulu aja, apa yang ingin dicapai. nanti jika sudah di Pare, rencananya bisa disesuaikan karena Apris bisa cari-cari info tentang belajar di Pare dan apa yang sesuai dengan kebutuhan Apris.

      semoga bisa membantu

  31. asslm.
    aku mau tanya, kalo biaya untuk sekalian trip bali atau lombok berapa yya??? satu paket gak sama biaya kursusnya??
    thaks

    • perjalanan lapangan ato wisata resmi yang dimasukkan ke dalam kurikulum biasanya pada program kursus yang memakan waktu lama sekitar 3 bulan. sebagai penutup baru deh diadakan acara ituMasalah tujuan dan biaya dibahas kemudian. tergantung tempat yang dituju. bisa jadi malah ke Jogja. Sekitar 250 ribuan.

  32. Dear Tika,

    Hi Tika… I’m really interesting course English soon, but I can’t go long distance at the moment, so can you help me to share the address of the English course office which pare approach ? oh ye…. just for let you know that I’m living in Yogyakarta.

    So If you have any information related with that, please send to my address mail below :

    bona_sos@yahoo.com

    Best Regards

    Beng-Beng

  33. Kursus bahasa Inggris menggunakan sistem Pare di Yogyakarta adalah SKK English Course di jl. Parangtritis no. 54 Yogyakarta. Jokteng wetan ke selatan sekitar 30 m, depan GANESHA mesin fotocopy, barat jalan.

    info:
    skk-ec.blogspot.com
    085-2200-56435 (sms)

  34. permisi mbak , apa belajar disana harus mengguanakan jilbab ?
    biaya perbulan itu berapa ya ? terus tolong informasi untuk english areanya ya
    terimakasih sebelumnya :)

    • gimana dong?
      dulu saya sendirian juga. naik travel, turun di jalan. bingung sendiri. akhirnya naik becak, cari kos-an. baru deh dapet semua info dari teman kos.
      hayo, disyukuri punya mulut dengan bertanya yang bermanfaat :)

  35. mba, saya pengen kepare bulan ini.tapi belum pernah kejawa.bisa dijelasin gag kendaraanya dari surabaya sampe parenya.maaf..saya dari NTB.makasih mba.

    • maaf banget lisa. saya kurang tau. tapi setahu saya ada kereta ekonomi dari surabaya yang lewat kediri. kamu naik itu aja. turun di stasiun kediri. trus naik elep ke desa tulung redjo.

  36. hmm..awesome..thats wonderful place..let me ask some questions.the first one is, if i’ll take a camp and i want to calling my family or pick up the phone,may i speak in indonesian??the second is,i just wanna take speaking course,how much the cost??tq for the answer…

    • I have no idea about phone, but i think it will be fine. I think most of our family cann’t speak english. Well, if they do, we don’t need to go to Pare ;)

      Speaking class around IRD 100.000/month

      you are welcome

  37. slm kenal…..
    insyaallh setelah lebaran sy mau kesana, kira2 lulusan dari sana itu dapatnya hanya sertifikat saja???? btw da gak yg dapet ijasah?????
    cause sy pngen kursus yg dapet ijasah.

    mohon infonya.

    • apa sih bedanya ijazah sama sertifikat? klo ijazah itu mencantumkan nilai ya? klo di pare berarti masuknya ijazah.
      tapi niatnya bukan sekedar dapet ijazah ya. pasti beda hasil akhirnya. lagian ga semua kursusan di pare terdaftar di dinas pendidikan

  38. :D teoppebegete.. ayuk tika ini rajin amat yah..? :D kalo gitu, kita practice di kampus yokk.. tapi jangan ketawain yayak kalo salah yah mbak.. ^_^

  39. asslmlkm. mbk bntu infonya ya, saya sdh lulus kuliah rencana mau ngekost 1 bulan d pare untuk tgl 10 januari. program TOEFL dan speaking yang direkomendasikan dmn? skalian untuk kost english areanya? trmakasih (uda coba cari info bnyk tmpt yg ga buka program toefl maupun sdh penuh, secara waktunya sdh mepet)

      • kbetulan sdh knfirmasi d elfast kls toefl sdh penuh dan cuma buka tgl 10, ad alternatif tmpt2 lain mbk? rncna speking d mahesa bgus tdk? untuk kost english area setiap tmpt les nyediakan atau bgmn? thank ya mbk bnyk nanya

      • Duh maaf, ga ngeh klo nisa nanya lagi. tempat lain Mahesa. itu program bulanan. tapi saya ga tau mulauinya tgl 25 ato 10.
        Hampir sama aja sih klo kelas speaking di kursus manapun. Tergantung diri kita masing-masing. Yang penting berani ngomong walo gado-gado ngomongnya (bhs inggris campur Indonesia).
        Ga semua tempat kursus punya english area.

    • saya kurang tahu. Klo tidak salah ada 1 lembaga bimbingan belajar. tapi tempatnya rada jauh dari kawasan kursusan bahasa Inggris. atau coba tanya deket daerah pasarnya.

  40. Assalamualaikum…
    ba…saya skrang bru kls 2 sma. nanti klw udh keluar pingin banget kesana…tpi saya..pingin mandri..ga mau merepotin ortu… gmanaya caranya.. supaya saya bisa hidup disana…???

    • Wa’alaikummusalam wr wb.
      Hmm, selama ini Tatan hidupnya gmn? :) Biasa aja kok, Tan.

      Penduduk aslinya kan orang Jawa. Nah, mereka ramah-ramah kok. Yang belajar berasal dari banyak daerah sih dengan budayanya masing-masing. Yaa, pake akhlak yang diajarkan Rasululloh aja, Insya Alloh aman.

      Kalau makan sih, beli aja karena murah dan ga ribet. Paling tinggal nyuci baju sendiri coz gada jasa laundry di sana (ini versi tahun 2008 ya).

      Kalau Tatan sudah punya basic bahasa inggris, coba aja ngelamar ke salah satu kursus yang ada di sana. Nanti juga akan diberi pembekalan/training bagi pengajar. Nah, bisa dapet honor tuh. Apalagi kalau bisa jadi pendamping english camp. Bisa kos gratis dan dapet honor perbulannya.

  41. aq malu tdk bisa ber’bhasa ingris..
    apakah pare cocok untuk aku meneuntun ilmu bhasa inggris?
    bagai mana cra pengajaran di pare..?
    dan masalah biyaya apa bisa qu jangkau dgn meneuntut ilmu di pare dgn keadan ku yg serba pas2an..?

  42. Assalamualaikum..
    makasih ba atas impormasinya…kebetulan ba saya puya guru yang ngajar di sekolah saya..namanya Pak Muntaha, dan istriya bu Rahma…beliw asli orang sana…mungkin ba kenal..?….menurt impormasi dri beliau…bahwa disana th..semuanya berbahasa..mlai dari tkang beca, tkang warung, dll…ap itu benar ba..??
    wslm.

    • wa’alaikummussalam wr wb.

      Maaf saya tidak kenal dengan Beliau berdua. Umm, saya tidak pernah bicara pakai bahasa Inggris ke tukang becak ato warung, jadi tidak tahu apakah mereka bisa bahasa Inggris atau tidak :)

  43. oh…adh ba jangan kan besic bahasa inggris…kenal aj bru ap lagi ngelamar kerja jadi pengajar…adh repot nanti hehe..ith sebabnya ba saya pengen kesana mau blajar bhasa inggris krena malu blm bisa….
    kira2 ba klw belajar disana sampai saya pasic bahasa inggris, itu brapa blan?

  44. saya rencana mau ke kampung inggris dengan anak saya kelas 3 SD selama 3 minggu, berapa biayanya? dan program kursus apa yg cocok untuk saya n anak saya, krn kami belum bisaberbahasa inggris…mksh

    • Tentang biaya dan apa yang cocok untuk ibu, sudah ada penjelasan mengenai hal di tulisan saya.

      Kursusan di sana tidak cocok untuk anak kelas 3 SD karena sistem belajarnya untuk orang dewasa. Ibu bisa ambil guru privat untuk anak ibu.

  45. mba saya mau da interview bhs inggris 3 bulan lg,saya mau memperlancar speaking sy. klo program yg intensif setiap hari,klo perlu 1 hari 3x g pa2 selama 2 bulan da g mba?yg co2k program pa mba?mohon jawabany segera..
    ak dah niat bgt nh mba belajar bhs inggris biar cepet kerja.

    • Ikut aja program speaking. Biasanya masuknya sehari 2x. Belajar biasanya senin-jum’at.
      kalau mau lebih dari itu, bisa privat. Biayanya saya kurang tahu.

      Sebaiknya yang mana? tergantung.
      Jika memang fokusnya untuk wawancara, sebaiknya privat. Karena guru dapat bertindak seolah-olah sebagai pewawancara, menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Jika untuk memperlancar saja, baiknya program. Karena di sana ada aktifitas diskusi. Belajar menghadapi perbedaan pendapat dan bagaimana meresponnya.

      oya, tinggalnya pilih yang english area. Karena dari bangun tidur sampai tidur lagi akan berbicara menggunakan bahasa inggris

  46. Ohh . Tapi kalau pertama tama di beritahu dulukan .
    Soalnya dikeluarga saya sudah ingin diterapkan pergi ke pare .
    Kaka saya sehabis bulan Agustus .
    dan saya selepas lulus sekolah .
    tolong bantuannya ya .

  47. Assalamualaikum,
    ini agung dari jogja, makasih banyak infonya, aku tertarik bgt, tapi maaf tolong donk perbarui, itu terakhir november 2009, tolong update keadaan kampung pare yg sekarang!makasih
    wassalamualaikum

  48. assalamu’alaikum…
    saya Diah. saya pengen banget ke pare biar bisa bahsa inggris..saya g bisa bahsa inggris. kira2 saya ambil yang apa ya???pastinya grammar..tapi habis itu apa dunk…saya cuma pengen bisa ngomong aja…karena sekarang2ne pekerjaan semua mengharuskan BISA BAHSA INGGRIS PASIF OR AKTIF…he2 mohon bantuanya ya…saya dari jepara. kalu mau kesana naik nya kemana2 ya..

  49. asalamualaikum
    sya maman sekarang sya naik kls 3 di sma pesantren terpadu al mahsum mardiah cianjur di sekolahan ini banyak guru guru ku yang bljar bhsa inggris ya di pare sya termotifasi untuk belajar bhs inggris ke pare karna saya sangat beci sekali sma bhsa inggris karna gx bisa bisa sampe sampe saya ingin dan ingin belajar di pare setelah lulus dari sma al mashum mardiah tapi sya bingung cra kesana dan pendaftaran ya dan membutuh kan biyaya berapa..?

    • wa’alaikumussalam wr wb Maman yang baik.
      Info pembayaran dan pendaftaran ada di tulisan saya. Untuk harga terbaru bisa menghubungi nomor kontak yang ada di tulisan saya.
      Cara ke sana dari ciamis, saya kurang tahu. Yang penting naik kereta yang jurusan ke Kediri. Nanti turun di stasiun Kediri. Kalau dari Bandung ada.
      Sampai sana naik angkot (elep) ke desa tulung redjo.

  50. Assalaamu alaikum,
    salam kenal Tika :-)
    mau tanya nih, menurut Tika disana tidak ada batasan usia untuk melancarkan bhs inggris,
    tapi pengalaman saat Tika disana bagaimana? ada tidak yang usianya diatas 30?
    malu juga rasanya kalau harus “belajar” bareng dengan yang masih muda2, hehe…
    saat ini saya bekerja, dan di bidang yang saya tekunin saat ini diperlukan kemampuan berbahasa inggris aktif,
    mohon saran dan informasinya

    trims,

    -ade-

    • Wa’alaikummusalam wr wb.
      Gada batasan usia, Pak. Tinggal Pak Adenya aja yang harus pede dan ga perlu malu. Menuntut ilmu itu kan terus menerus hingga badan di liang kubur.
      Waktu saya di sana ada yang uda senior. Usianya saya lupa. Klo ga salah 40-an. Semangat Pak! :)

  51. mbak??? saya dari medan….. saya ada rencana maw ke sana… tp saya libur kuliah mulai tanggal 20 desember sampai 7 februari…. saya maw ambil program yg dari nol…. nah kalau mulai programnya hanya ada cuma dari tanggal 10 berarti saya cuma bisa dapat 1 bulan saja… sedangkan d atas td waktunya di bilang 2-4 bulan…. gmana solusinya mbak??? kalau pulang balik medan-kediri kan mahal ongkosnya…. dbalas ngebut y mbak???? thanks..

      • itu staf pengajarnya udah ada d sana y mbak???
        ada saran g mbak buat saya lebih bagus ngambil paket yg mana dan kosan yg mana biar dalam 1 bulan bisa menunjang belajar saya di samping saya prifavat????

      • Seperti jawaban saya di pertanyaan serupa sebelumnya. Mas Agus tentukan dulu target yang ingin dicapai: grammar atau speaking. Kosan atau program apa yang sebaiknya saya tidak bisa merekomendasikan karena sudah lama tidak update perkembangan Pare. Coba tanya no kontak yang ada di tulisan saya, atau datang saja ke Pare dulu. Nanti bisa cari informasi langsung ke tempat kursusnya atau tanya teman-teman yang sudah lama di sana. Jadi bisa membandingkan dan memilih yang sesuai dengan target yang ingin dicapai Mas Agus.

  52. mba aku pngen belajar b.inggris dari dasar bgt… kira” program apa ya yg hrs saya ambil? rencana aku sich 3bln. tp ckup ga ya???, aku sich pngen mahir nya di percakapan nya. untuk tempat tinggal nya gmn?? kaya kost’n yg masing” atau kaya pondok pesantren?

  53. Assalamu’laikum..
    hy…perkenalkan nama saya mayya
    thanks m,ba…nice [post :D

    saya mau tanya….
    saya masi belum paham ttg sistim perkususan pare..
    kira” grammar dan speaking bagusan mana?
    terima kasih :D

    • Wa’alaykummusalam wr wb.

      Mba Maya, sistem perkursusannya sama saja seperti di tempat lain. Daftar, belajar, ujian, trus lulus.

      Umm, grammar sama speaking itu dua hal yang berbeda. Grammar mempelajari tata bahasa. Misalnya bagaimana menyusun kalimat. Sedangkan speaking melatih bagaimana berbicara dalam bahasa Inggris. Pastinya speaking menggunakan grammar.

  54. harga tiket ke kediri naek 10 persen padahal aku kemaren 2 bulan lalu cuma 24.000,tapi sekrang 35.000.apakah bener udah naek harga ea dari jogja kekediri?

  55. aku mo nanya ni mba….aku kan dari Sulawesi otomatis sampe di surabaya lau naik perahu….jadi lau di surabaya arahnya mau kemana lagi,naik apa ,dan sebagainya,,baru sampe di Pare

  56. Ka tika ak di bandung pingin ke pare,kalo ngambil kursus semua biaya yg di keluarkan berapa ya buat kursusnya aja ?
    Mohon pencerahan’a ka tika ?
    Ka tika masih di bandung ga ?

  57. ka’tika minta dibantu?
    pada tanggal 1pebuari, adik aku ke kampung inggris pare bersama teman-teman dan pembimbing STIKES KALTENG.
    aku minta dibantu cari penginapan sekitar 2,3harian untuk aku, posisi saaat ini aku ada di JAMBI
    ka’tika tolong infonya ya ka’

    dicky
    0856 6988 6675
    0853 1019 4446

    hatur nuhun,,,

  58. assalamualaikum mba…
    mba aku kan dari jakarta mau ke pare bersama teman sya ..
    kira kira waktu kursus paling lama di pare berapa bulan ya ba’ ??

  59. as,,mau tanya mba aku pgen ke pare belajar bhs inggris tp mau belajr dr NOL ..?
    pgen.a sih skitar 3 bln lbh atw sekitar 6 bln…
    tmpat kursus yg pas buat z apa yh mba …?

  60. Sy pengn ke pare..!!
    Pngn pntaR BHS inggrs..!
    Cta2 sy ingin membangn kampung semua BHS d lOmbok dantara’a ad BHS arab, inggrs, korea, cina dll,,,
    Do’an ea smoga cta2 Q’ teRcape amin….!!!

  61. Assalammualaikum,, sbelum ny slam knal mba, ak Ani dr Brebes
    mw tnya mba tika..
    sya kuliah di UT jrusn pend. b’inggris, sya pngn bgt krsus di pare,
    sy ingn mngmbil tdk hny 1 program,(misal, speaking,vocab,grammer) ap it brrti sya hrs krsus dr NOL ? dn dmn ya tmpt krsus yg mngkin lbh baik?

    dn klo boleh tau dlu mba krsus dimna wkt dsna ?

    trimaksih ..

  62. Untuk kelas 3 SD/usia 9 th kira-kira bisa nggak ya ikut kursus disana,ambil masa liburan 1 atau 2 minggu. Kursus dari NOL, yang penting untuk melatih kemandirian dan keberanian. apa ada tempat kursus yg bs direkomendasikan, sebisa mungkin yg teman-temannya sebaya.

    • zaman sy rata-rata pesertanya adalah anak kuliahan, minimal SMU. sy pikir, anak Ibu akan kesulitan belajar jika “sendirian” di lingkungan dewasa. Tapi silahkan mencari informasi lagi. Barangkali sudah ada program khusus yang mengakomodasi anak SD.

  63. Mbak , ada gak paket 1 bulan belajar tapi pelajarannya Bhs Inggris , Kimia , Fisika , Biologi dan Matematika , kalau ada tolong alamat dan sekaliyan biayanya , saya mau ngirim anak saya . Suwun .

  64. Kalau mau kursus di Pare enaknya saya harus ke mana ya mbak , yg sekiranya bagus , lengkap programnya untuk 1 bulan dan sekalian ada kost area englishnya , rencana datang tgl 8 Desember langsung daftar dan masuk serta kira-kira biayanya berapa. trimakasih sebelumnya .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s