Aneka Makanan “Ci” dari Bandung

Jika Anda berada di kota Jogja, maka akan Anda temui beraneka macam jajanan pasar hasil olahan ubi. Mulai dari gethuk, tiwul, cenil, dan sebagainya. Namun di Bandung, banyak saya temui aneka makanan ringan yang terbuat dari aci (tepung kanji). Diantaranya:

1. Cireng (aci digoreng)

Aci diberi susu sedikit, garam dan tepung meizena sedikit dan air secukupnya. Lalu diulen. Adonan lalu diratakan dan dicetak. Bentuk cetakan tergantung jenis isinya. Isi kacang berbentuk hati, ayam seperti jajaran genjang, cincang daging berbentuk segi enam, keju berbentuk segi empat, setengah lingkaran isinya sosis,  Sedangkan abon berbentuk bunga, baso berbentuk segitiga. Bumbu untuk isinya jika Berbeda antara penjual yang satu dengan lainnya.yang pernah saya cicipi terdiri dari daun sop, garam, sedikit gula.

Ambil adonanan yang telah dicetak lalu diberi isi ditengah-tengahnya. Adonan kemudian letakkan adonan yang sama, lalu rapatkan pinggir-pinggir kedua adonan. Lalu goring. Ketika digoreng selalu bolak balik cireng agar matangnya merata.

Cireng sebaiknya dimakan selagi hangat karena saat dingin, dia menjadi keras. Perbuahnya dijual seharga Rp 1.000. Menurut penjualnya, dia mengambil dari agen seharga Rp 700/buahnya. Sehari dia bisa menjual 200-300 buah.

2. Cimol (aci dicemol)

Adonanya mirip dengan aci tapi dibentuk bulat-belat kecil. Digoreng dan lalu ditaburi tepung maizena ditambah bubuk rasa kacang, keju, gula, garam, cabai, dan lain-lain yang dihaluskan. Makannya dengan cara ditusuk dengan menggunakan tusuk bambu.

Cimol dapat kita nikmati seharga Rp 1.000 untuk bungkus kecil dan Rp 2.000 untuk bungkus besar.

3. Cilok (aci dicolok)

Nah, yang satu ini aci dibentuk bulat-bulat mirip cilok tapi diberi isi. Ada yang rebus dan ada yang goreng. Dengan Rp 1.000, kita bisa mendapatkan 4 buah disantap dengan saus kacang atau satu tusuk cilok goreng berisi 3 buah diberi saus tomat. Sayang yang menjual bukan pemiliknya, hanya bertugas menjualkan. Menurutnya untuk yang membuat ada pekerjanya tersendiri. Dia sendiri mendapat bayaran Rp 600.000/bulan dengan jam kerja jam 09.00-21.00 WIB.

Mana yang paling lezat? Saya memilih cilok goreng tapi pakai saus kacang🙂

2 thoughts on “Aneka Makanan “Ci” dari Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s