Ekplorasi

Seringkali kita harus mempelajari sesuatu yang baru. Bahkan teramat sangat baru.  salah satu cara untuk mengenalnya adalah dengan melakukan ekplorasi terhadap hal baru tersebut. Ajukan pertanyaan 5W 1H menganai hal tersebut. Lalu jawab dengan mencari referensi sebanyak-banyaknya. Petakan dalam bentuk peta pikiran agar tidak bingung.

Teknologi internet sangat membantu. Kita bisa mendapatkan jawaban dari 5W 1H yang kita ajukan dengan sangat mudah. Wikipedia merupakan salah satu situs yang perlu diakses untuk pertama kali. Biasanya wiki memberikan pengetahuan dasar dengan bahasa yang mudah dicerna. Wiki sifatnya seperti jaring laba-laba yang memberikan link pada pengetahuan lain yang terkait. Tentu saja, ini hanya sebagai bekal awal karena di beberapa tempat wiki dianggap belum bisa untuk menjadi referensi pada tulisan ilmiah. Tapi dari wiki, kita bisa mendapat referensi yang lebih valid (shahih) karena biasanya wiki dilengkapi daftar refensi yang jadi acuan.

Selain itu, membaca laporan penelitian yang telah ada seperti skripsi, tesis mau pun desertasi juga cukup membantu. Biasanya di bagian tinjauan pustaka akan ada eksplorasi mengenai tema penelitian dan kita bisa mendapatkan rujukan referensi yang digunakan pada daftar pustaka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s