NYONTEK KREATIF

Apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Meteor Garden atau F4? Yupi! Drama Taiwan yang “nge-bom” di tahun 2001. Film ini kemudian dibuat versi Jepang-nya berjudul Hana Yori Dango dan versi Korea dikenal dengan Kgotboda Namja/Boys Before Flowers (BBF).  Ketiga Drama tersebut melejit tidak hanya di negeri sendiri, tapi juga di beberapa negara lainnya. Sebenarnya, ada versi Indonesia-nya juga lho. Judulnya Benci Bilang Cinta yang diperankan oleh Baim Wong dan Marshanda. Pertanyaan yang muncul adalah, kenapa versi Indonesia sambutan penonton tidak se-dahsyat versi Taiwan, Jepang atau Korea? Padahal ide cerita sama, nyontek dari komik Jepang berjudul Hana Yori Dango. Anda jawab sendiri yah.

Lanjut yang agak berat nih🙂

Pasca pemboman Hiroshima dan Nagasaki, Bangsa Jepang hancur. Namun kemudian mereka berinisiatif untuk mencontek bangsa Amerika sebagai awalan untuk bangkit dengan tidak melepaskan ciri khas mereka. Setelah mereka memiliki dasar, mereka kemudian melakukan inovasi sendiri. Bangsa Korea saat ini menyontek Jepang habis-habisan dalam segi teknologi dan Amerika untuk sistem ekonomi. Mereka juga tidak melepaskan jati diri mereka (tidak menelan bulat-bulat) sebagai bangsa Korea sehingga tidak sedikit inovasi baru berasal dari bangsa ini.

Yang ingin saya sampaikan adalah jika Indonesia ingin mencontek, setidaknya ikutilah jejak para pencontek sebelumnya (Jepang atau Korea). Kedua negara tidak menelan yang mereka dapat bulat-bulat. Menconteklah sebagai awalan bukan untuk seterusnya. Menconteklah untuk hal-hal positif seperti kedisiplinan, inovasi dan daya kreasi atau etos kerjanya, bukan sekedar mencontek makan fast food yang berdampak kurang baik bagi kesehatan, fashion yang meningkatkan angka tindakan kriminal atau mencontek budaya yang merusak moral seperti free sex atau drug.

Kuliah boleh di ITB tapi mengusai materi MIT.

One thought on “NYONTEK KREATIF

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s