Beasiswa kurang mampu

Ketika mengantar salah seorang adik dari Jambi yang mau ikut UM ITB, ada dialog menarik yang terjadi. Adik adalah seorang yang cukup pintar menurut saya. Dia adalah siswi kelas akselerasi dan menjadi utusan sekolahnya untuk olimpiade Fisika. Papinya adalah mantan pejabat teras perusahaan sawit yang cukup besar di Jambi dan saat ini mendirikan usaha sawit sendiri.

“Adek, ga ikutan beasiswa aja? Kan ITB kasi beasiswa untuk maba S1 juga.”

“Nggak, Mba. Soalnya, itu pake surat keterangan ga mampu alias miskin ke RT/RW. Papi ga mau. Nanti beneran dikasi Alloh miskin.”

Masalah klasik sebenarnya, beasiswa jatuh pada orang yang tidak tepat. Terkadang saya geleng-geleng kepala. Kaya tapi mau-maunya mencari beasiswa lewat jalur itu. Hanya demi uang sekitar Rp 150.000/bulan yang uangnya itu kadang malah digunakan untuk traktir teman-temannya makan. Bahkan, petantang-petenteng membanggakan diri karena dapat beasiswa. Andai teman-temannya tahu bahwa ia mendapat beasiswa khusus bagi mereka yang berprestasi tapi kurang secara finansial. Bahkan, seorang yang kurang mampu terkadang mengikuti jalur yang lebih bergengsi seperti beasiswa prestasi dimana prestasi akademik yang benar-benar menjadi pertimbangan.

Pendapat ekstrim akan Anda dengar jika berbicara dengan golongan enterprenuer (pengusaha), mereka tidak akan mencari beasiswa selagi mampu secara finansial. “Mba, mana yang lebih baik, memberi atau diberi? Saya bangga jika saya bisa sekolah dengan uang hasil keringat saya sendiri.”

Jangan sampai, Anda benar-benar dibuat miskin oleh Dzat yang Maha Mendengar. Karena jika Tuhan mengabulkan, maka Tuhan akan menggerakkan alam semesta untuk mewujudkan “keinginan” Anda untuk miskin (teori The Secreat).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s