Keutamaan Bulan Ramadhan

Tulisan ini sebenarnya untuk dokumentasi pribadi🙂.

Beberapa keutamaan bulan ramadhan:

1. Dijauhkan dari api neraka

HR Abu Said Al Khudri RA, Rosulullah SAW bersabda, “Tidaklah seorang hamba yang berpuasa satu hari di jalan Allah, kecuali Allah akan menjauhkan wajahnya dari api neraka sejauh jarak perjalanan 70 tahun.” (Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, hadits no 1226)

2. Diampuni semua dosa-dosanya yang telah lampau

Dari Abu Hurairah RA, Rosulullah bersabda, “Barang siapa berpuasa Ramadhan berlandaskan keimanan  dan mengharap pahala karena Allah, maka diampuni dosanya yang telah lampau.“ (Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, hadits no 1227 )

3. Dibuka pintu surga dan ditutup pintu neraka

Dari Abu Hurairah RA, Bahwa Rosulullah SAW bersabda, Apabila tiba bulan Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu.” (Diriwayatkan Imam Bukhori dan Muslim, Hadits no 1228)

4. Masuk surga melalui pintu khusus yaitu Ar-Rayyan

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: “ Barang siapa bersedekah kepada sepasang suami-istri di jalan Allah, maka ia akan dipanggil dari balik pintu-pintu surga, Hai hamba Allah, inilah yang lebih baik. Barang siapa yang termasuk golongan orang-orang yang mengerjakan shalat maka ia akan dipanggil dari balik pintu shalat. Barang siapa yang termasuk golongan orang-orang yang melakukan jihad, maka ia akan dipanggil dari balik pintu jihad. Baarang siapa yang termasuk golongan orang-orang yang mengerjakan puasa, maka ia akan dipanggil dari balik pintu Ar-Rayyan (pintu kesegaran). Barang siapa yang termasuk golongan orang yang suka bersedekah, maka ia akan dipanggil dari balik pintu sedekah. Abu Bakar RA berkata, ‘Demi ayah dan ibuku, wahai Rosulullah, bagi orang yang dipanggil dari salah satu pintu-pintu itu, tentunya tidak ada keberatan baginya? Tapi, apakah ada seseorang yang dipanggil dari semua balik pintu-pintu itu?’. Beliau menjawab, ‘ya, aku mengharap kamu termasuk dari golongan mereka’“. ( HR  Bukhari Muslim, hadits no 1224)

Dari Sahal bin Saad RA, Rosulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat pintu yang bernama Ar-Rayyan (pintu kesegaran),dimana nanti pada hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu . dan tidak seorangpun yang dapat masuk lewat pintu itu selain mereka. Para Penjaga pintu itu berkata, “ Mana orang-orang yang berpuasa? “ Maka mereka pun berdiri. Tidak ada seorangpun selain mereka yang boleh masuk melalui pintu . Apabila mereka telah masuk (surga) melalui pintu itu, maka ditutuplah pintu itu hingga tidak ada seorangpun yang dapat msuk melalui pintu itu. (Diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, hadits no 1225)

5. Puasa adalah perisai dari perbuatan sia-sia

6. Bau mulut orang berpuasa lebih harum dari bau minyak kesturi di sisi Alloh

7. Dua kegembiraan yang akan ditemui orang yang berpuasa yaitu saat berbuka dan bertemu Alloh.

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, Rosulullah SAW bersabda, “Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘setiap amal anak Adam (manusia) itu membawa manfaat bagi dirinya sendiri kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Aku sendirilah yang akan membalasanya’. Puasa itu adalah perisai. Apabila pada hari dimana salah seorang di antara kalian sedang berpuasa, maka janganlah ia berkata kotor dan gaduh. Jika seorang memakinya atau memusuhinya, hendaklah ia mengatakan, Sesungguhnya aku sedang berpuasa. Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, bau mulut orang yang sedang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari pada bau minyak kasturi. Bagi orang yang berpuasa ada dua masa kegembiraan, dimana ia sangat bergembira pada waktu itu; ketika ia berbuka puasa ia bergembira, dan ketika ia bertemu Tuhannya, ia bergembira karena pahala puasanya “. (HR Bukhari Muslim, hadits no 1223)

8. Terdapat malam yang lebih baik dari 1000 bulan

“Allah memiliki di bulan Ramadhan suatu malam yang lebih baik dibandingkan 1000 bulan. Barang siapa yang dihalangi (dari kebaikannya), maka ia akan dihalangi (dari kebaikan)”.  (HR. An-Nasa’iy dalam Al-Mujtaba, dan Ahmad dalam Al-Musnad. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s