Apakah Anda Sasaran Penipuan? Cekidot

Lebih dari sebulan yang lalu, ada email yang masuk ke inbox saya. Dari seorang Negeria yang isinya adalah ingin membeli salah satu produk dagangan saya.

From: Honesty Life <honestylife20@yahoo.com>
To: adetika@yahoo.com
Sent: Fri, July 9, 2010 1:31:19 AM
Subject: (nama produk)

Hello how are you doing today,i want to know if this item is still available for sale reply asap…

well, tentu saja saya senang. Dalam email balasan saya katakan stok masih ada. Saya juga menanyakan dia tau dari mana tentang produk saya karena saya memasang iklan di beberapa situs.

Lalu email balasan dari dia pun datang (sayangnya email kedua sudah saya hapus). Isinya kurang lebih mengulang dengan email sebelumnya. Dia ingin membeli suatu produk dan meminta untuk dikirimikan ke anaknya di Negeria. Dia sendiri mengaku berada di USA. Dia juga mengatakan akan membayar lewat apa pun. transfer atau pun money gram. Jasa pengiriman pun apa aja, DHL, Fed Ex, dll. Saya bales lagi dan mengatakan akan mempelajari dulu bagaimana sebaiknya.

Saya curiga karena kok ada pembeli yang begitu, padahal biasanya pembeli minta yang ongkirnya paling murah. Kecurigaan lainnya adalah tata bahasa yang dia gunakan dalam email kedua. Walau pun bahasa inggris saya pas-pasan, tapi insya Alloh pas dibutuhkan, pas bisa😛. Untuk ukuran orang yang tinggal di USA, english dia parah. Juga, kenapa dia sedikit mengulang kalimat di email pertama, ini seperti menggunakan ‘mesin’ pembalas email (automatic responder). Kita mensetting email kita untuk memberikan jawaban yang sudah kita atur jika ada email yang masuk. untuk effisiensi, jadi tidak perlu menjawab satu-satu email yang masuk dan kita tidak perlu selalu mengawasi inbox kita. Lalu saya coba melacak alamat yang di Negeria itu. Awalnya karena saya ingin mengetahui berapa kira-kia ongkos kirim yang akan saya keluarkan. Saya mulai dengan kode pos yang dia berikan.

Hasil dari Om Google, selain posisi alamat, yang membuat saya cukup terkejut adalah mengenai penipuan secara online (online fraud). O… ow. Ternyata Nigeria merupakan salah satu negara yang masuk blacklist dan kode pos tersebut merupakan kode pos yang sering digunakan untuk penipuan. Sampailah saya pada suatu situs yang bisa melakukan pengecekan apakah kita termasuk sasaran penipu atau tidak, http://www.joewein.net/index.htm. Web ini mempunyai daftar alamat email yang biasa digunakan untuk melakukan penipuan. Selain itu, ada juga fasilitas untuk mengecek apakah isi email yang kita terima merupakan email beneran ato penipuan. Cek isi email di mari.

Leave a Reply

