…-learning

Alhamdulillah, Allah memberi saya kesempatan untuk kembali meneruskan ketertarikan yang sempat terhenti.  Ketertarikan akan ‘…-learning’. Pakai tanda titik-titik karena dari titik-titik tersebut dapat diisi banyak kata. Ada yang electronic (e-), blended, mobile (m-), distance, de es te. Kali ini saya coba eksplorasi definisi dari pasangan kata-kata tersebut.

Distance learning adalah pembelajaran dimana guru dan peserta didiknya dipisahkan secara fisik.

Distributed learning adalah model pembelajaran yang memungkinkan instruktur, peserta didik dan materi pelajaran berada pada lokasi yang berbeda, tidak terpusat sehingga proses belajar mengajar dapat terjadi tanpa dibatasi waktu dan tempat.

Electronic learning (e-learning) menunjukkan materi pelajaran atau pengalaman belajar disampaikan atau disediakan secara khusus dengan menggunakan teknologi elektronik, tidak terbatas pada teknologi web.

Online atau web-based learning adalah penggunakan World-Wide Web (www) sebagai teknologi pengantar utama (lingkungan tunggal) untuk tugas-tugas belajar, distribusi informasi, dan akses ke sumberdaya yang dinamis dan melimpah, menggunakan beragam antarmuka program perangkat lunak dan/atau internet.

Open learning menunjukkan filosofi tertentu yang menggarisbawahi pada keterbukaan untuk mengakses dan mengikuti kesempatan belajar.

Flexible learning adalah penggunaan atribut dan sumber daya Internet, teknologi digital, dan cara lain dari pembelajaran bersama dengan prinsip desain pembelajaran untuk mendukung fleksibilitas dalam hal kebijakan mengakses, kurikulum, metode, dan proses belajar.

Mobile-learning (m-learning) menunjukkan koneksi kapan saja dan di mana saja pelajar berada menggunakan perangkat teknologi mobile dalam lingkungan e-learning yang ada.

Blended learning menunjukkan fleksibilitas antara guru dan peserta didik dalam hal sumberdaya, dukungan dan tempat berinteraksi. Hal ini lebih rumit karena definisi asli ‘blending’ adalah campuran dua atau lebih jenis benda yang berbeda,

Well, setidaknya baru definisi di atas yang saya temukan. Sangat mungkin akan ada perubahan di waktu-waktu mendatang. Mudah-mudahan saya bisa membahas lebih detail masing-masing terminologi di atas.

Refensi:

Kerr, Brian. (2007): Blended Learning.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s