Jika Bimbingan dengan Saya

Jika bimbingan dengan saya:

1. Emailkan draf penelitian Anda, agar saya bisa mempelajarinya terlebih dahulu. Lalu tunggu email balasan dari saya yang isinya tentang kapan kita akan tatap muka.

2. Ketika kita bertatap muka, saya akan bertanya yang tujuannya untuk mengetahui sudah sejauh mana perkembangan pemahaman Anda terkait apa yang Anda teliti. Jangan khawatir, saya tidak akan ‘membantai’ Anda. Jika tidak tahu, katakan saja. Jangan sok teu dengan memberi jawaban yang membentuk lingkaran. Gada ujungnya dan gada esensinya.

3. Ketika kita bertatap muka, Anda hanya boleh berada dalam salah satu keadaan yaitu benar-benar bingung atau benar-benar siap. Jika Anda bingung, maka sudah tugas saya untuk membantu Anda keluar dari kebingungan. Jika Anda benar-benar siap maka diskusi kita akan menyenangkan.

4. Harus ada progress tiap pekannya, walau hanya tambahan 1 paragraf.

5. Anda mencetak laporan penelitian Anda ketika saya meminta Anda untuk mencetaknya (mungkin 1 kali saja untuk menghemat penggunaan kertas) dan pastikan tidak ada kesalahan penulisan yang tidak penting, misalnya penggunaan huruf besar atau tanda titik. Pelajari cara penulisan yang baik. Ada banyak buku praktisnya.

Saya akan memberi nomor handphone saya dengan catatan, saya yang akan menghubungi Anda. Karena terkadang mahasiswa SMS saya menanyakan sesuatu yang jawabannya bisa dengan mudah dia temukan di buku. Dan perlu diingat, bahwa ketika bimbingan dengan saya, bukan berarti saya tahu segala-galanya mengenai topik penelitian Anda. Yuk, kita belajar bareng🙂.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s