Film Sejarah

Film atau drama korea yang masuk kategori historikal, selalu mendapat sambutan tinggi oleh masyarakat Korea. Hal ini dibuktikan dengan rating yang tinggi untuk drama-drama tersebut. Mungkin kita akan bilang, itu karena masyarakat Korea sangat menghargai sejarah mereka. Lalu, kenapa film-film itu pun mendapat rating yang tinggi ketika diputar di luar negara asli mereka? Saya pikir, selain memang jalan ceritanya yang menarik, acting para artis yang memainkannya pun luar biasa.

Saya merindukan masa-masa sejarah kita bisa dibuat film lagi seperti dulu, zaman kejayaan film Saur Sepuh yang berlatar belakang masa kerajaan Majapahi atau Cut Nyak Dhien, pejuang wanita dari Aceh. Saya yakin ada begitu banyak sejarah menarik yang kita miliki selain yang sudah dibuat film-nya itu. Tapi saya ragu dengan kemampuan artis kita. Liat aja akting mereka. Peran tanpa tantangan, all about cinta picisan yang sama sekali tidak mendidik. Mana sih, yang aktingnya sekaliber Cristine Hakim, Deddy Mizwar atau Didi Petet? Sigh…

Padahal, kalau drama/film kita bagus, itu juga sebagai ajang promosi negara kita. Misalnya aja, arus budaya Korea mulai menyebar sejak susksesnya pemutaran Dae Jang Geum di beberapa negara. Atau mungkin kita minta saja para insan perfilman Korea Selatan untuk mempelajari sejarah kita dan menjadikannya film atau drama hingga mudah dipelajari oleh generasi penerus bangsa ini.

 

jogjaicon.blogspot.com

 

icanhear.wordpress.com

 

Queen of Seon Deok (2009) : http://4.bp.blogspot.com
Dong Yi (2010) : http://allkoreandrama.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s