Tema Penelitian: Problem VS Prospek

Sekali lagi, Beliau mampu mempengaruhi saya. Membuat saya berubah dari satu kondisi menjadi kondisi yang lain. Dari satu titik menuju titik yang lain. Kali ini yang Beliau sampaikan adalah tentang tema penelitian.

Selama ini, sering kali kita melakukan penelitian berdasarkan persoalan yang ada. Ada persoalan, maka dicarilah jawabannya. Apakah penelitian demikian salah? Tidak. Hanya saja, perlu ada sebagian dari kita yang berpikiran jauh ke depan. Memikirkan apa yang akan dibutuhkan dan terjadi di masa depan. Ini yang Beliau sebut dengan prospek.

Islam sendiri sudah mengajarkan kita untuk menjadi seorang visioner.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS Al Hasy: 18)

Sahabat Ali bin Abi Thalib ra pernah bekata,

“Didiklah anak-anakmu untuk menghadapi zamannya, dan jangan engkau didik sesuai dengan zamanmu. Mereka adalah anak-anak zamannya dan bukan anak-anak kehidupan di zamanmu. Bila seorang anak kau didik untuk mengikuti zamanmu, maka ia akan tertinggal di zamannya.”

Well… i’ll try it, Sir. Even though it is not as easy and simple as saying.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s