The Secret

Orang barat mengenalnya sebagai ‘The Secret’, suatu ‘teori’ dimana alam semesta akan merespon keinginan kita. Sebagai seorang muslim, teori ini tidak boleh ditelan bulat-bulat, atau berhenti sampai pernyataan itu saja karena bisa terjebak pada keyakinan kepada alam semesta (animisme).

Pertanyaan selanjutnya adalah, siapa yang menggerakkan alam semesta? Yup! Sang Pencipta alam semesta. Ada sebuah hadits qudsi yang menjelaskan tentang ini.

“ana ‘inda dhanni ‘abdi. In khairan fa khairan wa in syarran fa syarran.”

Artinya: Aku bergantung pada prasangka hamba-Ku. Sekiranya yang berprasangka baik, akan berdampak baik dan sekiranya berprasangka buruk akan menjadi buruk.

Ketika kita mulai berprasangka, maka Alloh akan meresponnya dan menggerakan alam semesta untuk mewujudkan prasangka tersebut.

Di jurusan informatika ITB, ada seorang dosen yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa. Terkenal karena pintar dan galaknya. Sebagian besar mahasiswa memilih untuk memutar jalan jika akan berpapasan dengan Beliau. Dari jauh saja sudah membuat jantung berdetak lebih cepat. Pokoknya horor. Nah, suami salah seorang teman sekelas saya adalah mantan mahasiswa Dosen itu. Suami teman tersebut jika ulang tahun selalu mendapat SMS dan kado dari Dosen tersebut. Pelajaran yang bisa kita dapat adalah apa yang kita alami akan berbeda satu dengan yang lain, walaupun dengan masalah yang sama.

Jika kita sudah memiliki mind set bahwa dosen itu baik, maka apapun yang terjadi antara kita dengan Dosen adalah sesuatu yang baik dan menyenangkan. Walau pun orang mengatakan Dosen tersebut galak. Walaupun ada teman kita yang pernah dimarahi. Sederhana saja, “Itu kan kamu, bukan saya,” atau kata Bon Jovi, “It’s my life.” Sehingga kita tidak terbawa arus dan ikut-ikutan berprasangka buruk.

So, ingin mendapatkan sesuatu yang baik atau yang buruk, kita tinggal pilih. Dan Alloh, Alloh akan menggerakkan alam semesta untuk mewujudkannya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s