21 thoughts on “Tips Membuat Resume Buku (Bab)

  1. Waah jazakumullah ni ukhtii..Bermanfaat banget info nya khusus nya bagi kami mahasiswa yg sering mndptkan tugas membuat resume buku. :D

  2. wah, alhamdulillah, terima kasih informasinya :D saya barusaja mendapat tugas pertama membuat resume dari kampus ToT

  3. meresume dan merangkum, apa sih bedanya ? saya masih sering terjebak dengan penjelasan mengenai dua kata ini. setiap saya hendak meresume buku teman saya sering mengkritik bahwa yang saya lakukan ini adalah merangkum dan bukan meresume

    • Saya ambilkan dari kamus besar bahasa indonesia versi online ya:

      re·su·me /résumé/ n ikhtisar; ringkasan;
      me·re·su·me·kan v membuat resume; mengikhtisarkan; meringkaskan

      ring·kas a 1 tidak banyak memerlukan tempat: kursi-kursi itu dilipat sehingga menjadi –; 2 singkat (tt perkataan, cerita): laporannya — , tetapi padat; — nya, pendeknya;
      me·ring·kas·kan v 1 menjadikan ringkas (tidak banyak memerlukan tempat): ia ~ barang-barang itu supaya dapat masuk ke dl peti; 2 memendekkan (cerita, pembicaraan); mengikhtisarkan; mengambil inti sarinya saja: ~ pembicaraan;
      ring·kas·an n hasil meringkaskan; ikhtisar; singkatan cerita: demikianlah ~ hikayat Nabi Musa

      Tidak ada bedanya, bukan? :)

Leave a Reply

