Nilai untuk Mahasiswa

Tidak cukup dengan modal pintar. Seorang mahasiswa harus juga memiliki etika. Dan etika ini harus masuk ke dalam poin penilaian seorang mahasiswa dalam suatu mata kuliah, karena pendidikan bertujuan membentuk karakter anak bangsa. Tidak sekedar pada mata kuliah tertentu, misalnya kuliah etika dan profesi.

“Ah, itu tidak berlaku bagi mahasiswa. Mereka kan sudah besar, bisa membedakan mana yang benar dan yang salah.”

Tunggu dulu, Saudara. Masih ada lho, mahasiswa yang bicara “lo, gue” dengan dosennya. Walau kemudian tidak dilakukannya kembali setelah diluruskan. Belum lagi budaya mencontek, berbohong (titip absen, plagiat) dan sebagainya yang masih menjamur di kalangan mahasiswa.

Saya pernah mengajar di salah satu PTS di Bandung. Suatu ketika, saya bermaksud mengumumkan di dalam kelas jika tugas yang dikumpulkan belum memenuhi kriteria yang ditetapkan, maka saya menawarkan untuk melakukan perbaikan. Belum selesai saya bicara, salah seorang mahasiswa langsung marah-marah. Katanya saya menyindir dia karena kelompok dia yang baru selesai presentasi. Ow, saya coba menjelaskan tapi sudah dipotongnya lagi.

“Kamu dengarkan dulu. Saya belum selesai menjelaskan, tapi sudah kamu potong. Ada etika dalam bicara. Ada etika dalam mendengarkan dan ada etika dalam berdiskusi,” ujar saya.

“Tapi dari arah pembicaraan Ibu, saya bisa menangkap. Ibu menyindir saya. Ibu menyampaikan untuk semua yang ada di kelas, kan? Berarti termasuk saya.” Heeeh??! Bingung nih anak🙂

“Iya, saya sampaikan buat semua… Saya bukan tipe orang yang suka menyindir. Saya akan menyampaikan sesuatu secara langsung.”

Menurut bagian Tata Usaha (TU) kampus tersebut, mahasiswa ini memang terkenal kritis. Saking kritisnya, terkadang tidak pada tempatnya. Jika berkaitan dengan haknya, dia akan habis-habisan menuntut. Tapi dia lalai dengan kewajibannya. Misalnya telat membayar SPP. Bahkan orang TU tersebut berkata, “untuk dia sih, beri nilai B saja. Jangan sampai A.” Tuuh, sayang sekali. Padahal dia seorang mahasiswa yang pintar.

 

Leave a Reply

