Buku: Information Rules

amazon.com

Menarik. Itu kesimpulan saya mengenai buku Information Rules. Hingga saat ini, buku tersebut belum dicetak ulang sejak diterbitkan pada tahun 1999. Jika ingin membeli harus ke toko buku online seperti amazon.com. Harganya $24.08. Ini yang paling murah. Ada yang menjual hingga harga $30.40. Saya sudah coba cari ebook gratisannya, tapi belum menemukan. Nah, Anda bisa baca gratis di googlebook (ini link-nya), tapi ada beberapa halaman yang tidak ditampilkan. Ya namanya juga gratisan🙂

Buku ini berisi strategi memasarkan barang-barang teknologi informasi. Mulai dari penetapan harga, manajemen hak cipta, hingga kebijakan informasi.  Saat membaca buku ini, seringkali saya, “aaah, ternyata begitu yaaa.” Misalnya pada bab Managing lock-in. Bab ini menjelaskan strategi bagi penjual agar pelanggan loyal pada produk-produk kita. Juga jika kita sebagai pembeli/pengguna barang teknologi, ada tip-tip agar kita tidak terjebak pada suatu merek tertentu. Karena ketika kita telah terikat (lock-in) pada merek tertentu, akan menimbulkan ketergantungan dan berefek pada lainnya. Dosen saya terbisa menggunakan windows, lalu Beliau menunjukkan laptop mac-nya yang baru. “Saya sudah miliki sekitar 2 minggu, tapi belum saya gunakan. Karena saya butuh waktu untuk belajar menggunakannya.” alias belum familiar dengan icon dan lain-lainnya yang digunakan mac.

Selain bahasanya yang mudah dimengerti, penulis memberikan contoh-contoh yang menarik. Penasaran, langsung saja baca.

Shapiro, C dan Varian, H.R (1999) : Information rules: a Strategic ti The Network Economy, Havard Business School Press.

 

Leave a Reply

